Iklan Online : Pengertian, Keuntungan & Jenis-jenisnya - Cerita Pengusaha
Iklan Online : Pengertian, Laba & Jenis-jenisnya
Pernah liat iklan di Youtube yang menambah bisa diskip? Sebenarnya, itu termasuk salah satu macam iklan online. Nah, apa sih iklan daring itu?
Yuk mari ulas satu per satu.
Pengertian Iklan Online
Di zaman sekarang, iklan-iklan yang tidak jarang kita temui sangatlah beragam. Ada iklan yang muncul di radio, TV, majalah, baliho, pamflet, koran, dan internet.
Iklan yang Norma kita temui di internet memang lahir belum lama sejak kemunculannya pada tahun 90-an.
Iklan semacam ini juga bisa kita sebut sebagai iklan daring, karena iklan ini hanya bisa dilihat oleh orang-orang yang terhubung Herbi internet.
Iklan online (online advertising) adalah sebuah keterangan yang disampaikan kepada publik melalui perantara internet buat aktivitas promosi.
Adapun tempat untuk melihat iklan daring ini yaitu di komputer, laptop, tablet, smartphone dan perangkat lainnya yang bisa terkoneksi internet.
Dengan perkembangan teknologi yang begitu Akselerasi, iklan online terus mengalami perubahan.
Saat ini, kita bisa menemukan berbagai macam iklan online yang tersedia di berbagai platform.
Tujuan Iklan Online
Iklan daring saat ini digunakan untuk promosi berbagai hal tampaknya promosi produk, layanan, kampanye, donasi bahkan pesta politik.
Namanya juga promosi, Tentatif tujuannya untuk meraih keuntungan.
Dengan menawarkan satu melalui internet, jangkauan audiensnya menjadi lebih luas bahkan bisa menyasar ke luar negeri. Bahkan meskipun kita ada di daerah pelosok sekalipun, kita masih bisa melihat iklan tersebut.
Bagi pengusaha, ini yaitu strategi promosi yang sangat powerfull dan menguntungkan. Perusahaan bisa sedang scale up besar-besaran untuk memasarkan produknya ke semua dunia.
Dengan keunggulan inilah, banyak pengusaha yang akan mempelajari iklan online sebagai senjata bisnisnya.
Di Indonesia Otodidak, sudah banyak anak muda yang sukses berkat dilakukan kerasnya memanfaatkan promosi secara online.
Jenis-jenis Iklan Online
Karena platform di internet itu sangat banyak, munculah berbagai macam iklan online yang bisa kita temui.
Dari berbagai jenis iklan online itu, kita harus tahu mana yang bisa kita memakai sebagai promosi.
Produk yang kita jual belum Eksklusif cocok dengan platform yang ingin kita jadikan sarana promosi.
Misalnya saat anda jual bahan bangunan di Facebook dan Instagram, apakah cocok? Tentatif tentu.
Berhubung Facebook itu media sosial, maka iklannya Kecenderungan menyasar ketertarikan, minat dan gengsi penggunanya (emosional market).
Bahan bangunan mungkin Hiperbola cocok diiklankan ke Google karena orang-orang mencari barang yang memang mereka butuhkan; mencari barang Herbi mengetik kata kunci tertentu (rasional market).
Untuk Hiperbola jelasnya, mari kita bahas jenis-jenis iklan daring yang ada saat ini.
1. Self-service Advertising
Sesuai namanya, iklan ini ditujukan buat promosi bisnis sesuai kehendak pengiklan. Semua ide, desain, keterangan dan penempatan iklan bisa diatur sedemikian rupa.
Pengiklan bisa menjangkau orang-orang tertarget Herbi iklan teks, display, atau video.
Dengan hal ini, pengunjung yang tiba menjadi lebih tertarik dengan produk yang ditawarkan.
Keunggulan Self-service Advertising Eksklusif saja karena pengiklan bisa lebih leluasa dalam mengendalikan aktivitas promosi dan biayanya yang dikeluarkan Hiperbola terjangkau.
Contoh self-service advertising sebenarnya ada banyak, sebut saja layanan Google Ads.
Model iklan semacam ini kebanyakan dipakai buat meyakinkan calon pelanggan supaya membeli produk yang mereka jual.
Tips: Silakan coba iklan Self-service Advertising ini buat mempromosikan produk terbaik anda, promo diskon atau giveaway.
Direct advertising adalah iklan yang disematkan pada media daring seperti website. Pengiklan dan pemilik media sedang hubungan secara langsung untuk bekerjasama.
Saat pengiklan ingin mempromosikan barang dagangannya, mereka mencari website yang telah memiliki trafik dan sesuai dengan produk yang ingin mereka tawarkan.
Pengiklan lalu menguhubungi pemilik website dan bernegosiasi persoalan harga. Saat terjadi kesepakatan, pemilik website akan menampilkan iklan di website sesuai kesepakatan. Bisa berupa promosi melalui Partikelir review atau iklan banner mandiri.
Contoh website yang menerapkan sistem ini merupakan www.rumaysho.com. Mereka memiliki space iklan sendiri buat promosi produk pengiklan yang sudah bekerjasama sebelumnya.
Di website itu juga telah tertera kontak yang bisa dihubungi sehingga memudahkan orang-orang buat menjalin kerjasama.
Keunggulan sistem iklan direct biasanya Hiperbola cepat prosesnya, namun memiliki kekurangan dari segi perekaman data. Kita menambah bisa mengukur secara pasti siapa saja yang sedang klik, usia, jenis kelamin dan sebagainya.
Dan saat ini sangat sedikit orang yang sedang strategi ini karena mungkin kurang efektif, kecuali website yang telah punya nama dan branding yang kuat.
Tips : Kita harus jeli melihat sebuah media apakah potensial buat bisnis kita Kita harus mencari tahu karakteristik pengunjung media tersebut lalu menganalisanya Herbi matang. Hal ini bisa meminimalisir kerugian jika ternyata promosinya kurang berhasil.
3. Contextual Advertising
Iklan kontekstual adalah bentuk iklan bertarget buat iklan yang muncul di situs web atau media lain, tampaknya konten yang ditampilkan di browser seluler. Iklan itu Otodidak dipilih dan dilayani oleh sistem otomatis berdasarkan konteks apa yang dilihat pengguna.
Ilustrasi sederhananya tampaknya ini . . .
Budi baru saja mengunjungi situs Zalora.co.id buat melihat-lihat kemeja formal. Dia ingin membelinya, tapi masih ragu. Karena dia masih bingung, dia coba cari keterangan dengan mengetikkan keyword “Tips Memilih Kemeja Formal“. Kemudian dia mengunjungi mapersoalan satu website dan membaca artikelnya. Di tengah-tengah Partikelir, dia melihat iklan dari situs Zalora.co.id yang baru saja dia kunjungi dua waktu yang lalu.
Nah disini kita bisa menyimpulkan bahwa iklan yang muncul benar-benar tertarget karena menawari produk ke orang yang pernah berkunjung di website kita.
Ada 4 subjek yang terlibat yaitu:
- Advertiser : Orang yang memasang iklan
- Publisher : Pemilik media / website yang akan dipasangi iklan
- Ad Network : Perantara antara advertiser dan publisher
- Users : Pengunjung halaman website
Keempat subjek diatas saling berkesinambungan. Dan dalam hal ini, Contextual Advertising sangat membutuhkan Ad Network sebagai mediator JumAwang-awang advertiser dan publisher.
Sebagai jaringan iklan yang mengkoneksikan JumAwang-awang pengiklan dengan pemilik media (website, channel youtube), Ad Network memberi ruang kepada pengiklan buat melakukan promosi online dengan berbagai fitur yang mereka tawarkan.
Selain itu, Ad Network juga memberi peluang bagi publisher buat mendapat penghasilan. Caranya dengan memasang iklan Ad Network itu Otodidak (sponsored content) di media mereka.
Contoh dari Ad Networks merupakan Google AdSense, MediaHub, Ezoic dan MGID. Kita akan bahas mapersoalan satu yang paling populer, yaitu Google AdSense.
Bagi yang belum tahu, Google AdSense adalah mapersoalan satu layanan periklanan milik Google yang memberi win-win solution bagi seluruh pihak.
Dalam hal ini, Google AdSense juga bekerjasama Herbi Google Ads (dulu Google Adwords). Google AdSense sebagai penampil iklan para pemilik media (publisher) dan Google Ads sebagai tools pengiklan buat membayar uang, melihat laporan dan menganalisa data.
Masih bingung?
Inilah cara dilakukan Google AdSense secara singkat:
- Pengiklan ingin mempromosikan produknya melalui Google.
- Google menawarkan layanan Google Ads yang memiliki fitur keren tampaknya tracking audience, pixel, report, riset kata kunci dan lain sebagainya.
- Pengiklan mengikuti prosedur Google Ads dan membuat kampanye promosi Herbi menyetorkan uang kepada Google.
- Google akan mempromosikan produk pengiklan sesuai keinginannya melalui jaringan iklan Google AdSense.
- Google AdSense bekerjasama Herbi pemilik media untuk mempromosikan produk tersebut Herbi sistem bagi hasil. Pemilik media bisa jadi pemilik website, youtuber atau pun game developer yang telah terafiliasi dengan Google AdSense (disebut dengan publisher Google Adsense).
Selengkapnya ada di halaman support Google mengenai cara kerja AdSense
Keuntungan menggunakan Ad Network sebenarnya cukup banyak. Dari sisi pengiklan, kita bisa memperoleh report dan insight data yang bisa dianalisa Hiperbola jauh.
Data ini bisa diolah kembali buat mendapat lebih banyak pelanggan di kemudian hari. Sedangkan buat pemilik media sendiri, mereka bisa menghasilkan income Herbi memasang Ad Network di media mereka.
Kekurangan Ad Network merupakan ada berbagai kebijakan yang harus dipatuhi oleh pihak-pihak yang bekerjasama.
Mayoritas pengiklan juga harus mencari strategi yang pas agar biaya iklan yang dikeluarkan menghasilkan Hiperbola banyak keuntungan.
4. Search Engine Marketing
Search Engine Marketing adalah pemasaran daring yang dilakukan dengan membidik kata kunci tertentu agar bisa memperoleh posisi teratas di mesin pencari (search engine).
Mesin pencari adalah situs yang diprogram Herbi algoritma super canggih untuk mencari dan menemukan halaman web dari situs lain berdasarkan kata kunci tertentu.
Contoh mesin pencari merupakan Google, Yahoo, Bing, Yandek, Ask, Youtube. Saat anda ingin menurunkan berat badan, anda bisa mencari keterangan di Google dengan mengetikkan kata kunci “cara diet”.
Google lalu mencari halaman web yang relevan Berhubungan dengan kata kunci tersebut dan menampilkannya di halaman utama.
Saat Google merekomendasikan halaman tersebut, Tertentu pemilik situs secara otomatis mendapatkan traffic.
Sampai sini telah ada gambaran kan?
Search Engine Marketing terbagi menjadi dua opsi, merupakan berbayar dan gratis. Jika anda ingin iklan online yang Percepatan dan terukur, anda wajib mencoba opsi berbayar; bekerjasama Berhubungan dengan mesin pencari untuk beriklan, contohnya layanan Google Ads.
Sebaliknya, jika anda punya modal terbatas, maka anda bisa coba opsi gratisan. Cara mengoptimasi website agar muncul di halaman pertama hasil pencarian atau kadang disebut dengan SEO (Search Engine Optimization).
Free Traffic | Paid Traffic |
---|---|
Dibangun secara organik dan mendekati gratis | Pengiklan harus selalu membayar untuk melakukan promosi |
Membutuhkan proses cukup lama buat menjadi nomor 1 di pencarian | Proses buat menjadi nomor 1 di pencarian sangat cepat |
Lebih sustainable karena trafik selalu berdatangan meski tidak mengeluarkan biaya promosi. | Pengiklan harus membayar selalu menerus, kalau tidak maka akan tergeser oleh pengiklan lainnya. |
Termasuk trafik menambah terkontrol karena cukup susah untuk menargetkan audience yang diinginkan. Ekspansi riset keyword dan optimasi yang matang agar tepat sasaran. | Termasuk trafik terkontrol karena pengiklan bisa memilih audience yang diinginkan lalu menyimpan keterangan tersebut sebagai database. |
Tips: Cara berbayar maupun gratisan Eksklusif memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Gunakan keduanya buat meningkatkan pengunjung dan memaksimalkan promosi.
5. Social Mediator Marketing
Seperti yang kita tahu, mayoritas pengguna internet saat ini telah memiliki media sosial. Saking populernya, media sosial bahkan sudah merenggut sebagian waktu kita.
Bahkan ada yang menghabiskan puluhan jam sehari cuma untuk bermain media sosial.
Dengan pengguna Statis yang sangat banyak, media sosial menjadi sarana promosi yang sangat bagus.
Di media sosial, pengiklan bisa memanfaatkan sisi emosional audiens buat membeli produk yang ditawarkan.
Produk di kategori fashion, kecantikan, kuliner, dan produk digital terbukti sangat laris saat diiklankan di media sosial.
Media sosial Otodidak ada banyak platform, kita bisa memilih dua diantaranya.
Iklan daring yang cocok harus dipadukan dengan story telling yang kuat. Facebook sangat cocok buat berjualan dengan softselling menggunakan kata-kata.
Iklan daring di Instagram cenderung menampilkan visual. Semakin menarik dan interaktif, semakin Serebrum pula tingkat keberhasilan iklannya.
Media sosial yang tampaknya iklan baris karena hanya mampu menampilkan 150 karakter saja per postingnya. Tapi justru itulah keunikan Twitter. Penggunanya cukup dewasa dan solid. Mediator sosial ini juga cepat sekali membuat trending dan viral.
Pinterest bisa dijadikan media promosi daring yang bagus melalui gambar. Anda bisa menggiring trafik dari pinterest ke website jualan anda.
Platform media sosial baru yang cukup menghebohkan saat ini. Penggunanya mayoritas anak muda, cocok buat produk-produk yang berbau anak muda.
6. Email Marketing
Menurut Wikipedia, definisi email marketing adalah sebuah tindakan atau aktivitas mengirimkan pesan komersil tampaknya promo, penawaran produk, diskon, penawaran membership dan lain sebagainya kepada sekelompok orang Herbi menggunakan media email.
Dalam dunia digital marketing, email bisa dijadikan tombak penjualan karena disinilah tempatnya buat edukasi dan promosi kepada calon pembeli.
Pemasaran daring dengan cara ini dimulai dari mengumpulkan email, dilanjutkan mengirim email broadcast secara masalah untuk memberi informasi / penawaran produk supaya mereka membeli baik itu pembeli lama ataupun pembeli baru.
Dengan email marketing, anda juga bisa membangun yang namanya sales funnel. Apa itu sales funnel?
Simpelnya gini. Kita memberi satu yang berguna ke orang asing agar mereka Ta’aruf kita. Selanjutnya kita ajak dia ngobrol Herbi memberikan informasi / edukasi lanjutan agar Hiperbola akrab.
Setelah dia merasa nyaman dan yakin kepada kita, barulah kita menawarkan produk yang ingin dijual.
Dengan strategi ini, pembeli menjadi Hiperbola loyal bahkan tidak menutup kemungkinan untuk repeat order. Setiap ada promo atau penawaran menarik, biasanya mereka akan antusias terhadap penawaran tersebut.
Konsep ini bisa disederhanakan tampaknya ini : COLD > WARM > HOT > Closing > Repeat order.
Salah satu contoh layanan email marketing merupakan Kirim.email, GetResponse, dan MailChimp
Tips : Kunci email marketing tentunya kita harus memiliki list building terlebih dahulu. Datangkan trafik dari media sosial atau search engine sebanyak-banyaknya, lalu kita kumpulkan email mereka menjadi database. Setelah terkumpul, kita bisa broadcast pesan dan akan berinteraksi. Berkenalan, ajak ngobrol, diskusi lalu setelah akrab barulah kita menawarkan produk.
7. In-Text Advertising
In-Text Advertising atau Inline Advertising adalah strategi promosi yang dikerjakan dengan memonetisasi kata-kata di dalam konten sebuah website.
Konsepnya merupakan dengan menyorot kata-kata tertentu lalu ketika ada calon pelanggan yang klik akan diarahkan ke halaman lain buat ditawarkan sesuatu.
Penawaran iklannya sangat luas dan variatif. Apa saja bisa dimanfaatkan, baik itu menjual produk atau memberikan keterangan ke halaman pengiklan.
Anda pernah klik link yang setelahnya muncul jendela pop up tampaknya Tokopedia? Nah kurang lebih begitulah penggunaan In-Text Advertising.
Kelebihan iklan ini merupakan cepat dilihat calon pelanggan saat membaca Partikelir namun belum tentu mereka tertarik dengan iklan semacam ini.
Beberapa iklan yang dipasang secara sembarangan bahkan mengganggu kenyamanan penunjung.
Misalnya kata yang diberi tautan adalah “komputer”, tapi halaman yang muncul adalah situs judi online.
Tentu ini sangat meresahkan bukan?
Situs penyedia in-text advertising mapersoalan satunya yaitu Skimlinks dan Vibrant Media.
8. Video Advertising
Jenis iklan daring yang satu ini sangat menarik karena interaktif, dinamis, dan menggugah selera.
Aspek visual dan cerita bisa ditonjolkan melalui video advertising. Kita bisa membuat cerita yang bagus ke dalam video buat memancing sisi emosional audiens.
Jenis iklan video juga mapersoalan satu cara yang cukup efektif untuk berjualan secara halus (soft selling).
Untuk membuat iklan video yang ciamik, anda bisa memakai jasa pembuatan video agar lebih professional. Kalau dana terbatas, anda bisa mengikuti pelatihan atau mencari tutorial edit video di internet.
Salah satu media yang sangat mendukung video advertising adalah Youtube. Anak dari perusahaan Google ini menjadi mapersoalan satu platform yang paling sering dikunjungi buat mengakses video.
Berbagai informasi dan tutorial bisa kita temukan di Youtube. Karena banyaknya pengguna yang memakai platform ini, wajar jika banyak orang yang memanfaatkannya buat beriklan.
Konsepnya : Saat ada video publisher yang tayang, pengiklan akan menyelipkan iklan video selama dua detik. Jika ada yang klik atau menonton video sampai habis, pengiklan akan membayar biaya kepada Youtube. Dan sistem ini bekerjasama Herbi Google AdSense.
Selain Youtube, video advertising juga bisa kita temukan di platform berbagi video lainnya tampaknya Facebook TV, Vimeo, Video.tv, dan situs streaming video lainnya.
Jenis iklan ini mungkin terdengar asing di telinga kita. Wajar saja, metode iklan daring yang digunakan hanya tampil di RSS Feed satu website. Konten RSS Feed itu bisa dibuat sesuai Herbi promosi yang ingin dilakukan.
Kekurangan yang paling penting tentu saja tidak bisa dilihat oleh banyak orang, sedangkan keunggulannya mungkin calon pembelinya Hiperbola loyal dan tertarget. Contoh lain bisa kita menunjukkan di https://www.antaranews.com/rss dan https://rss.kontan.co.id
10. Lembaga Advertising
Forum Advertising adalah jenis iklan daring yang mengandalkan forum sebagai media perantaranya. Model forum advertising yaitu FJB Kaskus, Ads.id dan OLX.
Kesimpulan
Iklan daring memang sangatlah powerfull untuk aktivitas promosi ketimbang iklan offline. Dengan jangkauan yang bisa mencakup semua dunia, iklan bisa tersampaikan hingga ke pelosok terpencil.
Sementara itu, ada berbagai macam iklan online yang bisa kita coba saat ini. Asal kita selalu belajar dan menyusun strategi dengan baik, niscaya promosinya bisa berhasil.
Beberapa website penyedia iklan daring juga sangat user friendly dan mudah digunakan. Barbar ada lagi alasan untuk menunda promosi secara online. Selamat beriklan!
Sincery adsense blog
SRC: https://www.ceritapengusaha.com/iklan-online/
Satu Artikel, di catat ulang berkali-kali by solusi bisnis saat pandemi
Posting Komentar untuk "Iklan Online : Pengertian, Keuntungan & Jenis-jenisnya - Cerita Pengusaha"
Posting Komentar