Widget HTML Atas

Jenis-Jenis dan Format Podcast - Komunikasi Praktis


Jenis-Jenis dan Format Podcast - Komunikasi Praktis

Jenis-jenis dan Format Podcast secara sekilas telah dibahas pada postingan Format dan Pengertian Podcast.

Format merupakan hal pertama yang harus Anda tentukan sebelum membuat podcast.

Dari segi tipe konten, podcast itu berupa audio file atau file suara rekaman, baik rekaman segera di aplikasi podcast maupun rekaman dari software lain yang diunggah ke platform podcast.

Namun, karena banyak podcaster yang memvideokan podcastnya atau Youtuber (Vlogger) yang membuat konten format podcast, maka jadilah “tren” video podcast atau video Berhubungan dengan konten podcast –umumnya berupa obrolan ata talkshow (chatshow).

Jadi, kebanyakan Podcast saat ini hanya berupa audio –inilah podcast sebenarnya, meskipun podcast video memang ada, merupakan podcasting yang divideokan.

Dari segi topik, podcast hadir dalam beragam macam topik. Ada podcast yang khusus perbincangan olahraga, politik, komedi, hingga konten audio fiksi.

Memilih format adalah mapersoalan satu keputusan pertama yang harus Anda buat setelah Anda menetapkan untuk memulai podcast.

Anda perlu mengetahui format Anda sebelum Anda memberinya nama dan membuat cover, dan tentunya sebelum Anda merekam episode pertama Anda.

Format podcast adalah cara bagi mengatur konten acara Anda. Mereka adalah metode penyampaian yang memberikan InPelatih acara Anda. Format yang tepat akan membuat konten Anda tetapi teratur dan membuatnya dapat diakses oleh pendengar Anda.

Tanpa format yang kuat, acara Anda akan sepertinya terputus-putus dan berantakan.

Format podcast juga menciptakan konsistensi bagi pendengar Anda. Saat Anda tetapi menggunakan format, pendengar Anda akan tahu apa yang diharapkan ketika mereka membuka setiap episode baru.

Jika acara Anda menampilkan monolog solo yang serius dalam satu pekan, panel komedi di minggu berikutnya, dan cerita fiksi di pekan berikutnya, Anda akan kesulitan mempertahankan pendengar.

Selain itu, format yang baik akan menolong pendengar mendeskripsikan acara Anda kepada teman-teman mereka. Jenis pemasaran dari Berkaitan dengan mulut ke mulut ini sangat penting untuk keberhasilan sebuah pertunjukan, jadi sebaiknya Anda memudahkan pendengar bagi mempromosikan untuk Anda.

Yang terpenting, berpegang pada satu format akan membuat Pandangan hidup Anda jauh lebih mudah. Jauh lebih mudah bagi merencanakan konten sebelumnya jika Anda tahu bagaimana Anda akan membentuknya bagi setiap episode.

Misalnya, jika Anda memilih format wawancara, Anda menmemperoleh menjadwalkan tamu selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan sebelum hari rekaman Anda yang sebenarnya.

Sebelum Anda memilih format bagi pertunjukan Anda, ada baiknya Anda memahami apa yang dikerjakan orang lain sebagaimana dibahas laman Castos berikut ini.

1. Wawancara (Interview Podcast)

Podcast wawancara menampilkan host (satu atau dua orang) yang mewawancarai narasumber di setiap episode. Nasumber yang diundang memiliki keahlian dan pengalaman unik mereka.

Setelah perkenalan singkat Berhubungan dengan tamu, pembawa acara mengajukan pertanyaan untuk memandu percakapan seputar topik episode.

Tamu Anda yang paling banyak bicara. Anda hanya perlu mengarahkan percakapan.

Dalam beberapa hal, Anda mengandalkan kemampuan tamu Anda bagi menghibur dan menyampaikan informasi. Episode Anda akan menderita jika sulit, tidak mengurangi jelas, atau membosankan, (kecuali Anda dapat mengimbanginya).

2. Solo (Monolog Podcast)

Format podcast ini cukup umum. Ini digunakan oleh orang-orang yang memiliki macam keahlian tertentu yang ingin mereka bagikan.

Teknisnya sederhana. Anda cukup berbicara ke mikrofon. Banyak pembuat podcast baru memulai Berhubungan dengan format ini karena sangat sederhana. Yang Anda perlukan bagi memulai hanyalah mikrofon dan beberapa perangkat lunak pengeditan audio.

Jika Anda memilih format podcast ini, Anda harus menetapkan seberapa banyak Anda ingin merencanakan setiap episode.

Beberapa podcaster Ikut merasakan nyaman untuk menambahkan beberapa catatan, tetapi yang lain mengalami kesulitan berbicara selama 30-45 menit tanpa persiapan yang rinci. Anda menmemperoleh memutuskan untuk menulis naskah lengkap untuk setiap episode.

Anda tidak mengurangi harus bergantung pada bantuan atau keterlibatan siapa pun. Format ini akan membuat audiens Anda mengenal Anda Berlebihan dekat. Ini sangat kuat untuk membangun merek.

3. Percakapan (Conversational)

Format ini memerlukan orang lain sebagai co-host. Ini melibatkan dua orang yang melakukan percakapan segera yang umumnya memiliki chemistry yang hebat. Tidak beradab seperti format podcast wawancara, kedua orang ini adalah pembawa acara.

Dalam banyak masalah, setiap pembawa acara akan memainkan peran khusus dalam percakapan. Satu mungkin melaporkan potongan berita sementara yang lain memberikan komentar atau komedi.

Yang satu mungkin mengajar pelajaran sementara yang lain bercerita dari pengalaman mereka.

Sebagai host, Anda hanya bertanggung jawab bagi separuh percakapan. Anda juga dapat membagi segala tugas lain yang datang dengan memproduksi dan mempromosikan podcast.

Penggemar Ikut merasakan seperti mereka bagian dari klub atau grup, terutama ketika tuan Rongga di bawah rumah menciptakan lingkungan yang menghibur dan ramah.

4. Panel

Format podcast panel mirip Berhubungan dengan podcast wawancara, tetapi dengan lebih banyak orang.

Setiap episode memiliki satu pembawa acara dan sekelompok tamu (panelis), layaknya pertujukan talkshow di acara televisi.

Hampir tidak mengurangi ada tekanan pada host karena panelis atau para narasumber yang Berlebihan banyak berbicara.

Beberapa pembawa acara hanya menanyakan beberapa pertanyaan di sepanjang pertunjukan dan membiarkan para tamu yang berbicara paling banyak.

6. Teater

Format podcast ini juga dikenal sebagai format podcast Fictional Storytelling. Ini adalah cerita fiksi yang diceritakan di beberapa episode, mirip Berhubungan dengan televisi dramatis.

Beberapa dinarasikan dengan satu suara. Yang lain menggunakan banyak aktor suara, efek suara, dan elemen audio lainnya.

Jika Anda suka menulis fiksi atau membuat film, format ini mungkin tepat bagi Anda. Faktanya, beberapa penulis fiksi hanya membaca cerita mereka secara dramatis sepertinya buku audio dan merilisnya sebagai episode podcast.

7. Konten yang digunakan ulang

Format podcast repurposed content/content recycling ini merupakan “daur ulang” konten video yang hanya diambil audionya dan/atau “mengaudiokan” postingan blog.

Dengan format ini, Anda mengambil konten yang telah ada dan mengubahnya dengan cara mendapatkan Penilaian lebih darinya. Anda dapat menambahkannya, membaginya, atau memindahkannya ke media baru.

Beberapa blogger hanya mengambil konten tertulis yang ada dan menggunakannya kembali menjadi podcast bagi pengalaman audio.

Seorang pembicara dapat merekam dan merilis ceramahnya. Seorang komedian mungkin menerbitkan rekaman dari rutinitas standupnya.

Membuat konten ini mudah karena Anda telah memilikinya. Anda hanya perlu melakukan beberapa pengeditan bagi memformatnya seperti podcast.

Baca Juga: Kalimat Pembuka Podcast

8. Format podcast Anda sendiri

Anda menmemperoleh melakukan apa pun yang Anda suka bagi menonjol, membangun audiens, dan melibatkan pendengar Anda.

Jika Anda ingin melakukan sesuatu yang unik yang tidak mengurangi sesuai dengan format podcast tradisional --tidak apa-apa! Bereksperimenlah Berhubungan dengan gaya Anda sendiri atau gabungkan beberapa gaya bagi menciptakan sesuatu yang sama sekali baru.*

Thanks for visiting our article Jenis-Jenis dan Format Podcast - Komunikasi Praktis. Please share it with responsible.
Sincery adsense blog
SRC: https://www.komunikasipraktis.com/2020/10/jenis-jenis-dan-format-podcast.html
Satu Artikel, di tulis ulang berkali-kali by solusi bisnis saat pandemi

Posting Komentar untuk " Jenis-Jenis dan Format Podcast - Komunikasi Praktis"