Widget HTML Atas

Mengenal lebih jauh tentang Jenis-jenis Iklan AdSense


Mengenal Berlebihan jauh tentang Jenis-jenis Iklan AdSense

Selain macam iklan display ads yang telah tersedia sebelumnya, beberapa waktu yang lalu, adsense telah menambahkan beberapa macam iklan baru sebagai variasi yang tersedia pada produk adsense bagi konten. Beberapa jenis iklan baru yang tersedia disini adalah In-feed, In-article dan Matched content.

Daftar isi:

  1. Text & Display ads (Iklan Text dan Bergambar)
  2. Native Ads
  3. Page-Level Ad

1. Text & Display ads

Text & Display ads adalah macam iklan adsense yang tersedia dalam berbagai format dan ukuran. Jenis iklan ini bisa dikatakan sebagai iklan standar adsense. Sementara beberapa format iklan tersedia dalam ukuran tetapi, pada jenis iklan ini, tersedia juga tipe iklan responsive yang mampu menyesuaikan Risalah area penempatan iklan.

Ukuran Iklan

Untuk saat ini, terdapat 18 ukuran (termasuk responsive) yang tersedia pada iklan macam ini. Adapun ukuran-ukuran ini adalah:

  1. Leaderboad / Spanduk utama (728x90)
  2. Banner / Spanduk (468x60)
  3. Half banner / Spanduk separuh (234x60)
  4. Button / Tombol (125x125)
  5. Skyscraper / Pilar (120x600)
  6. Wide skyscraper / Pilar Risalah (160x600)
  7. Small rectangle / Kotak kecil (180x150)
  8. Vertical banner / Spanduk tegak (120 x 240)
  9. Small square / Persegi kecil (200x200)
  10. Square / Persegi (250x250)
  11. Medium rectangle / Kotak melakukan (300x250)
  12. Large rectangle / Kotak besar (336x280)
  13. Half page / Setengah laman (300x600)
  14. Portrait / Potret (300x1050)
  15. Mobile banner / Spanduk seluler (320x50)
  16. Large leadboard / Spanduk utama Otak besar (970x90)
  17. Billboard / Baliho (970x250)
  18. Responsive

Format iklan

Anda bisa mengatur format iklan ini pada proses pembuatan kode iklan. Beberapa pilihan konfigurasi disini adalah

Text & Display Ads

,

Display Ads Only

dan

Text Ads Only

.

Walaupun macam iklan ini tersedia dalam 2 format (text dan gambar), perlu diketahui Rongga di bawah rumah persaingan iklan text dan iklan gambar terjadi pada lelang yang sama. Dengan kata lain, ketika anda memilih bagi mengaktifkan kedua format (Text & Display ads), hal ini akan menjaga persaingan iklan tetapi tinggi yang pada akhirnya akan mempengaruhi Potongan harga per klik iklan itu sendiri. Semakin ketat persaingan Awang-awang iklan, semakin tinggi pula harga per klik yang harus dibayar oleh pengiklan.

Pada masalah lainnya, ketika anda memilih untuk hanya menampilkan iklan text atau gambar saja. Hal ini berarti tingkat persaingan Awang-awang iklan hanya terjadi pada satu format saja. Dengan kata lain, persaingan iklan akan menurun dan pada akhirnya akan memperkecil Potongan harga per klik iklan itu sendiri.

Penempatan

Untuk iklan macam ini, anda bisa menempatkan iklan dimanapun pada bagian situs. Tentu saja, walaupun adsense memberikan kebebasan terkait jumlah penempatan iklan pada laman, terdapat berbagai ketentuan yang harus anda patuhi terkait lokasi pemasangan iklan. Lebih lengkap mengenai beberapa ketentuan penempatan iklan ini bisa anda baca pada halaman

Kebijakan pemasangan iklan adsense

.

2. Native Ads

Pada awal juli 2017, google adsense launching beberapa jenis iklan baru yang mereka sebut sebagai

Native Ads

. Native ads dikembangkan dan didesain agar menmemperoleh menyatu dan terlihat seperti konten asli laman. Hal ini tentunya akan meningkatkan potensi penghasilan yang didapatkan oleh publisher. Native Ads merupakan format iklan adsense yang memungkinkan publisher bagi dapat menyesuaikan desain penempatan unit iklan menjadi semirip dan sesesuai mungkin Berhubungan dengan konten laman. Berikut adalah beberapa hal yang diclaim oleh pihak google adsense sebagai kelebihan yang dimiliki oleh native ads.

  • Pengalaman pengguna yang baik
    Iklan native akan menyesuaikan Risalah konten iklan dan terlihat sangat natural terhadap konten laman (Responsive). Iklan ini memiliki tampilan yang sangat menarik, sepertinya misalnya memiliki resolusi gambar yang tinggi, konfigurasi judul, konfigurasi deskripsi serta beberapa lagi lainnya. Hal ini akan menciptakan kesan yang sangat baik kepada pengunjung situs.
  • Dapat beradaptasi pada berbagai perangkat
    Native ads didesain Berhubungan dengan kemampuan yang dapat tampil senatural mungkin pada ukuran layar perangkat yang berbeda. Hal ini termasuk pada tampilan versi desktop, mobile dan tablet.
  • Konfigurasi iklan yang mudah
    Pada proses pembuatan kode iklan, publisher menmemperoleh menyesuaikan beberapa properti terkait desain iklan. Hal ini memungkinkan publisher bagi dapat melakukan penyesuaian dengan lebih leluasa terhadap tampilan iklan.

Untuk format iklan, terdapat 3 opsi yang tersedia pada native ads ini, tiga opsi ini merupakan in-feed, in-article dan matched content.

In-feed

Perlu diketahui bahwa istilah Feed disini bukan bagi menyatakan halaman feed situs (RSS). Istilah Feed disini adalah megacu pada area situs yang menampilkan daftar Swasta atau post (seperti pada tampilan RSS). Jadi, pemasangan iklan in-feed bukan pada halaman feed asli situs melainkan pada area situs yang menampilkan daftar post. Misal, pada halaman homepage atau label yang menampilkan daftar postingan blog. Iklan in-feed akan menyatu Berhubungan dengan daftar post lainnya dan terlihat seolah-oleh sepertinya salah satu konten asli laman.

In-article

In-article adalah format iklan natif adsense yang diperuntukkan bagi pemasangan iklan didalam tubuh postingan blog. Kita menmemperoleh menempatkan iklan ini di beberapa bagian postingan Berhubungan dengan desain yang menarik.

Matched content (Konten yang sesuai)

Matched Content adalah format iklan adsense yang akan ditampilkan bersamaan Berhubungan dengan beberapa rekomendasi konten serupa situs. Dengan kata lain, ini tidak mengurangi jauh berbeda dengan widget artikel terkait blog. Hanya saja, jika pada Swasta terkait blog kita hanya menampilkan daftar Swasta yang serupa, pada iklan matched content ini, kita menmemperoleh menyisipkan (secara otomatis) beberapa iklan pada daftar Swasta terkait (ditampilkan secara otomatis oleh sistem adsense). Untuk penempatan, target yang Berlebihan direkomendasikan disini adalah pada bagian bawah Swasta (sama seperti widget artikel terkait pada umumnya).

Dengan iklan matched content, publisher menmemperoleh menciptakan pengalaman pengguna yang baik dan secara bersamaan juga menmemperoleh meningkatkan penghasilan blog mereka melalui iklan-iklan yang ditampilkan.

Ketersediaan matched content

Sementara 2 format native ads sebelumnya (in-feed dan in-article) menmemperoleh digunakan oleh semua situs milik publisher, bagi format iklan matched content, ini adalah format iklan yang hanya tersedia bagi situs yang memiliki kelayakan minimum. Dengan kata lain, tidak mengurangi semua situs bisa menggunakan iklan matched content ini. Adsense hanya menyediakan iklan ini bagi situs-situs yang memiliki kriteria kelayakan dalam hal jumlah trafik dan halaman unik. Adapun beberapa status yang dikelompokkan disini adalah:

  1. Situs belum layak
  2. Situs bisa menggunakan matched content (tanpa menampilkan iklan)
  3. Situs bisa menggunakan matched content dan menmemperoleh menampilkan iklan diantaranya.

Bagaimana mengetahui situs saya telah memenuhi syarat penggunaan matched content ?

Informasi ini menmemperoleh anda lihat pada dashboard adsense. Jika pada proses pembuatan iklan anda tidak mengurangi melihat opsi matched content, ini artinya anda belum memiliki situs yang memenuhi kriteria. Opsi Matched content ini akan tersedia jika anda setidaknya telah memiliki satu buah situs yang sesuai kriteria. Infomasi mengenai situs mana yang telah sesuai dapat anda memamerkan pada menu

Settings

>

My Sites

>

Matched Content

.

Beberapa keterangan lainnya tekait iklan matched content:


  • Artikel yang ditampilkan merupakan artikel-artikel internal situs yang paling sesuai. Misal, bagi blog wiblogger.com, semua artikel yang ditampilkan pada daftar adalah Swasta yang telah diterbitkan pada blog wiblogger.com.
  • Untuk penggunaan pada domain utama, daftar Swasta yang ditampilkan juga dapat berasal dari sub domain. Misal, saya memiliki 2 buah blog. Blog pertama menggunakan domain utama wiblogger.com dan blog kedua menggunakan sub domain dari domain utama (misal, abc.wiblogger.com). pada iklan matched content yang dipasang pada blog wiblogger.com, daftar Swasta yang ditampilkan juga dapat berasal dari blog abc.wiblogger.com. Terkait hal ini, belum terdapat opsi yang memungkinkan publisher bagi dapat mengatur sumber artikel yang ditampilkan. Jadi, jika domain anda memiliki banyak sub domain Berhubungan dengan konten yang berbeda, penggunaan iklan matched content ini cendrung tidak mengurangi efektif.
  • Untuk situs yang memiliki mayoritas konten tanpa gambar, format iklan yang ditampilkan hanya berupa text kebiasaan (tanpa gambar).

3. Page-level ad (Iklan tingkat laman)

Page-level ad adalah macam iklan adsense dengan inovasi baru yang akan ditampilkan khusus bagi pengunjung dengan perangkat mobile smartphone. Sekarang, macam iklan ini telah tersedia untuk semua publisher. Terdapat 2 format yang tersedia pada Page-level ad, dua format ini adalah

Anchor/Overlay ads

dan

Vignette ads

.

Anchor/Overlay ads (Sticky atau Float)

Ini adalah format iklan yang akan ditampilkan pada bagian Kolong layar perangkat. Ikan ini akan selalu kelihatan bahkan ketika user melakukan scroll/menggulir. Walaupun demikian, buat tetap menciptakan pengalaman pengguna yang baik, iklan ini menmemperoleh dengan mudah ditutup oleh pengunjung situs melalui tombol close yang terdapat pada iklan.

Vignette Ads (Full screen)

Ini adalah format iklan yang akan ditampilkan saat pengunjung hendak keluar dari halaman yang melakukan aktif (Mengklik salah satu link yang terdapat pada halaman). Adapun tampilan iklan format ini adalah bersifat full screen (layar penuh). Seperti halnya pada format sebelumnya, Pengunjung juga menmemperoleh dengan mudah menutup iklan melalui tombol close yang tersedia.

Beberapa keterangan terkait page-level ad:

  • Pemasangan iklan yang sangat mudah - pada proses pemasangan kode iklan, publisher cuma perlu menempatkan script iklan ke dalam tag head. Proses pemasangan ini tampaknya halnya yang telah anda jumpai pada panduan cara mendaftar adsense sebelumnya.
  • Iklan cuma ditampilkan pada perangkat mobile smartphone - ini yaitu jenis iklan yang dikhususkan untuk ponsel pintar high-end. Iklan menambah akan tampil untuk pengunjung situs dengan perangkat desktop.
  • Iklan menambah akan selalu tampil untuk semua pengunjung - dalam hal ini, sistem adsense cuma akan menampilkan iklan pada waktu yang optimal buat membantu meningkatkan pendapatan dan memberikan pengalaman pengguna yang baik. Dengan kata lain, buat situasi tertentu, ada kalanya iklan page-level ini menambah muncul pada perangkat pengunjung, terlebih lagi buat situasi dimana koneksi pengunjung yang terbilang lambat, iklan menambah akan ditampilkan.
  • Tampilan iklan yang tergolong mencolok - karena format dan gaya iklan yang diterapkan pada macam page-level ini, keberadaan iklan pada situs tergolong sangat mencolok. Ini bahkan sangat mirip Herbi penerapan iklan adsense yang dapat anda temui pada berbagai aplikasi dan game smartphone.

Sampai paragraf ini, anda sudah mengenal jenis-jenis iklan yang tersedia pada adsense. Selanjutnya, kita akan membahas mengenai bagaimana cara memembuat dan memasang kode iklan ke blog.


§

Daftar isi:
  1. Membuat unit iklan baru
  2. Antarmuka pembuatan iklan Text & Display ads
  3. Antarmuka pembuatan iklan In-Feed
  4. Antarmuka pembuatan iklan In-Article
  5. Antarmuka pembuatan iklan Matched Content
  6. Konfigurasi Iklan Page-level (Iklan Strata Laman)

Membuat unit iklan baru

Untuk akan membuat unit iklan, login ke dashboard adsense anda dan menuju menu

My ads

, Pada submenu

Content

>

Ad units

, klik

+ New Ad Unit

(

Lihat gambar

). Terdapat dua pilihan jenis iklan yang ditampilkan.

Sekarang, akan kita tinjau antarmuka pembuatan iklan buat masing-masing jenis iklan yang tersedia. Adapun jenis-jenis iklan ini sudah anda jumpai pada modul

Mengenal jenis-jenis iklan adsense

sebelumnya.

1. Antarmuka pembuatan iklan macam Text & Display Ads

Merujuk pada langkah sebelumnya, klik

Text & Display ads

pada pilihan yang tersedia (

Lihat gambar

). Anda akan dihadapkan pada antarmuka pembuatan iklan macam Text & Display Ads seperti berikut:

Konfigurasi:

  • Ad Name
    Buat nama unit iklan baru. Disarankan buat membuat nama iklan yang deskriptif, hal ini agar unit iklan menmemperoleh dengan mudah anda kenali pada laporan kinerja. Anda bisa membuat nama berdasarkan situs, penempatan atau hal lainnya yang berkaitan Herbi penggunaan kode iklan.
  • Ad Size
    Pilih ukuran iklan yang anda kehendaki. kpu ukuran iklan sendiri tergantung pada target penempatan anda. Lebih jauh mengenai rekomendasi ukuran iklan untuk penempatan tertentu akan anda jumpai pada materi pemasangan kode iklan selanjutnya.
  • Ad Type
    Pilih macam iklan yang akan anda tampilkan. Terdapat 3 pilihan disini, Text and Display Ads (Menampilkan kedua format), Display Ads Only (Menampilkan cuma iklan bergambar saja) dan Text Ads Only (Menampilkan cuma iklan text saja).

    Seperti yang sudah disinggung pada halaman mengenal

    jenis-jenis iklan adsense

    sebelumnya. Iklan text dan iklan gambar bersaing pada lelang yang sama. Dengan memilih buat menampilkan kedua jenis iklan, hal ini akan menjaga persaingan iklan tapi tinggi (semakin tinggi persaingan iklan, semakin Serebrum pula harga per klik unit iklan yang bersangkutan).


    Mengenai keterangan diatas, perlu anda ketahui bahwa tidak selamanya mengaktifkan kedua format iklan akan bekerja Hiperbola baik dibandingkan dengan hanya mengaktifkan satu format iklan saja. Hal ini tergantung pada banyak hal. Jadi, satu-satunya cara buat mengetahui format iklan mana yang memiliki kinerja terbaik buat situs anda adalah dengan melakukan eksperimen/mencoba setiap format yang tersedia, hal ini juga termasuk buat ukuran iklan.
  • Text Ad style
    Sesuaikan gaya iklan. Ini akan diterapkan pada iklan format text. Anda bisa mengubah warna link iklan menjadi tampaknya warna link yang terdapat pada situs anda.
  • Custom channels
    Seperti yang sudah diinformasikan pada materi mengenal menu-menu pada dashboard adsense, custom channels adalah fitur yang berfungsi buat mengelompokkan unit iklan kedalam kategori/label tertentu. Dengan ini, kita menmemperoleh mengetahui kinerja unit iklan dalam label tertentu melalui data pada laporan berdasarkan custom channels. Anda bisa mengelompokkan unit iklan berdasarkan penempatan, ukuran, format atau hal terkait lainnya.
  • If no ads available
    Biarkan opsi ini dalam kondisi default.

Jika seluruh telah disesuaikan, klik

Save and Get code

. Pada kode yang ditampilkan, biarkan opsi

Code type

pada

Asynchronous

.

Kode inilah yang nantinya akan kita memakai pada proses pemasangan ke blog. Kode ini juga bisa anda dapatkan melalui daftar unit iklan yang ditampilkan pada submenu

Ad Units

.

2. Antarmuka pembuatan iklan In-Feed

Sampai paragraf ini, anda Eksklusif telah mengenal tentang beberapa konfigurasi yang tersedia pada antarmuka pembuatan unit iklan. Untuk selanjutnya, penjelasan cuma fokus pada poin-poin pentingnya saja.

Konfigurasi:

  • GLOBAL OPTIONS > Allow selected display ads
    Dengan mengaktifkan opsi ini, iklan yang akan tampil menambah hanya iklan in-feed saja melainkan juga tersedia buat iklan Text & Display ads sebelumnya. Disini, sistem adsense akan memilih unit iklan yang akan ditampilkan. Hal ini juga secara bersamaan akan menjaga tingkat persaingan iklan tapi tinggi.
  • Selain konfigurasi diatas, konfigurasi lainnya adalah seputar desain tampilan iklan. Anda bisa mengganti berbagai konfigurasi ini dan mengamati perubahan yang ditampilkan pada bagian preview.

3. Antarmuka pembuatan iklan In-Article

Tidak jauh berbeda Herbi antarmuka in-Feed sebelumnya, beberapa konfigurasi disini umumnya seputar tampilan iklan. Khususnya buat opsi

Google-optimized styles

, biarkan opsi ini dalam kondisi aktif untuk memungkinkan sistem adsense menentukan desain iklan yang dianggap Hiperbola berpotensi.

4. Antarmuka pembuatan iklan Matched Content

Seperti yang sudah diinformasikan pada materi

mengenal jenis-jenis iklan adsense

sebelumnya, menambah semua situs bisa menggunakan iklan jenis ini. Iklan Matched Content cuma tersedia untuk situs yang telah memenuhi kriteria minimum (jumlah trafik/pengunjung dan halaman unik). Jadi, jika anda menambah mendapati opsi Matched Content pada pilihan macam iklan (Gambar pertama pada post ini), itu artinya belum ada satupun situs anda yang sudah memenuhi kriteria minimum.

Konfigurasi:

  • Ad Options
    Aktifkan opsi ini buat menempatkan iklan diantara konten yang ditampilkan.
  • Size
    Pilih Responsive buat mengatur agar lebar matched content menyesuaikan Selebaran area penempatan.

Khususnya buat matched content, anda bisa melakukan lebih banyak penyesuaian memakai atribut-atribut yang telah ditentukan oleh adsense. Hal ini tampaknya misalnya menyesuaikan jumlah kolom, baris, style gambar serta dua lagi lainnya. Lebih lengkap tentang ini bisa anda baca pada halaman panduan resmi adsense:

Cara menyesuaikan unit Konten yang sesuai

.

5. Konfigurasi Iklan Page-level (Iklan Strata Laman)

Anda bisa sedang konfigurasi dan mendapatkan kode iklan page level melalui menu

My Ads

>

Content

>

Page-level ad

. Disini, konfigurasi yang tersedia cuma berupa pemilihan format iklan yang akan diaktifkan. Pada gambar dibawah ini, kedua format iklan page-level melakukan dalam keadaan aktif (Bagian status).

Sampai pada paragraf ini, anda sudah mengenal sebagian besar konfigurasi yang terdapat pada antarmuka pembuatan iklan. Pada materi selanjutnya, kita akan akan melakukan pemasangan kode iklan pada beberapa lokasi penempatan.


Thanks for watching our article Mengenal lebih jauh tentang Jenis-jenis Iklan AdSense. Please share it with kind.
Sincery adsense blog
SRC: https://www.wiblogger.com/2017/11/jenis-iklan-adsense.html
Satu Artikel, di catat ulang berkali-kali by cara sukses bisnis di rumah

Posting Komentar untuk "Mengenal lebih jauh tentang Jenis-jenis Iklan AdSense"