Mengenal lebih jauh tentang Jenis-jenis Iklan AdSense

Mengenal Hiperbola jauh tentang Jenis-jenis Iklan AdSense
Selain macam iklan display ads yang telah tersedia sebelumnya, dua waktu yang lalu, adsense telah menambahkan dua jenis iklan baru sebagai variasi yang tersedia pada produk adsense buat konten. Beberapa jenis iklan baru yang tersedia disini adalah In-feed, In-article dan Matched content.
Daftar isi:
- Text & Display ads (Iklan Text dan Bergambar)
- Native Ads
- Page-Level Ad
1. Text & Display ads
Text & Display ads adalah macam iklan adsense yang tersedia dalam berbagai format dan ukuran. Jenis iklan ini bisa dikatakan sebagai iklan standar adsense. Ad interim beberapa format iklan tersedia dalam ukuran tapi, pada jenis iklan ini, tersedia juga tipe iklan responsive yang dapat menyesuaikan lebar area penempatan iklan.
Ukuran Iklan
Untuk saat ini, terdapat 18 ukuran (termasuk responsive) yang tersedia pada iklan macam ini. Adapun ukuran-ukuran ini adalah:
- Leaderboad / Spanduk penting (728x90)
- Banner / Spanduk (468x60)
- Half banner / Spanduk separuh (234x60)
- Button / Tombol (125x125)
- Skyscraper / Pilar (120x600)
- Wide skyscraper / Pilar Selebaran (160x600)
- Small rectangle / Kotak kecil (180x150)
- Vertical banner / Spanduk tegak (120 x 240)
- Small square / Persegi kecil (200x200)
- Square / Persegi (250x250)
- Medium rectangle / Kotak melakukan (300x250)
- Large rectangle / Kotak besar (336x280)
- Half page / Setengah laman (300x600)
- Portrait / Potret (300x1050)
- Mobile banner / Spanduk seluler (320x50)
- Large leadboard / Spanduk penting besar (970x90)
- Billboard / Baliho (970x250)
- Responsive
Format iklan
Anda bisa mengatur format iklan ini pada proses pembuatan kode iklan. Beberapa pilihan konfigurasi disini adalah
Text & Display Ads,
Display Ads Onlydan
Text Ads Only.
Walaupun macam iklan ini tersedia dalam 2 format (text dan gambar), perlu diketahui Kolong persaingan iklan text dan iklan gambar terjadi pada lelang yang sama. Dengan kata lain, saat anda memilih untuk mengaktifkan kedua format (Text & Display ads), hal ini akan menjaga persaingan iklan tapi tinggi yang pada akhirnya akan mempengaruhi Rabat per klik iklan itu sendiri. Semakin ketat persaingan Jumantara iklan, semakin tinggi pula harga per klik yang harus dibayar oleh pengiklan.
Pada perkara lainnya, ketika anda memilih untuk hanya menampilkan iklan text atau gambar saja. Hal ini berarti tingkat persaingan Jumantara iklan hanya terjadi pada satu format saja. Dengan kata lain, persaingan iklan akan menurun dan pada akhirnya akan memperkecil Rabat per klik iklan itu sendiri.
Penempatan
Untuk iklan macam ini, anda bisa menempatkan iklan dimanapun pada bagian situs. Tentu saja, walaupun adsense memberikan kebebasan terkait jumlah penempatan iklan pada laman, terdapat berbagai ketentuan yang harus anda patuhi terkait lokasi pemasangan iklan. Lebih lengkap mengenai beberapa ketentuan penempatan iklan ini bisa anda baca pada halaman
Kebijakan pemasangan iklan adsense.
2. Native Ads
Pada awal juli 2017, google adsense launching beberapa jenis iklan baru yang mereka sebut sebagai
Native Ads. Native ads dikembangkan dan didesain agar menmemperoleh menyatu dan terlihat seperti konten asli laman. Hal ini tentunya akan meningkatkan potensi penghasilan yang didapatkan oleh publisher. Native Ads yaitu format iklan adsense yang memungkinkan publisher buat dapat menyesuaikan desain penempatan unit iklan menjadi semirip dan sesesuai mungkin Herbi konten laman. Berikut adalah beberapa hal yang diclaim oleh pihak google adsense sebagai kelebihan yang dimiliki oleh native ads.
-
Pengalaman pengguna yang baik
Iklan native akan menyesuaikan Selebaran konten iklan dan terlihat sangat natural terhadap konten laman (Responsive). Iklan ini memiliki tampilan yang sangat menarik, tampaknya misalnya memiliki resolusi gambar yang tinggi, konfigurasi judul, konfigurasi deskripsi serta dua lagi lainnya. Hal ini akan menciptakan kesan yang sangat baik kepada pengunjung situs. -
Dapat beradaptasi pada berbagai perangkat
Native ads didesain Herbi kemampuan yang dapat tampil senatural mungkin pada ukuran layar perangkat yang berbeda. Hal ini termasuk pada tampilan versi desktop, mobile dan tablet. -
Konfigurasi iklan yang mudah
Pada proses pembuatan kode iklan, publisher menmemperoleh menyesuaikan beberapa properti terkait desain iklan. Hal ini memungkinkan publisher buat dapat melakukan penyesuaian dengan lebih leluasa terhadap tampilan iklan.
Untuk format iklan, terdapat 3 opsi yang tersedia pada native ads ini, tiga opsi ini merupakan in-feed, in-article dan matched content.
In-feed
Perlu diketahui bahwa istilah Feed disini bukan buat menyatakan halaman feed situs (RSS). Istilah Feed disini adalah megacu pada area situs yang menampilkan daftar Partikelir atau post (seperti pada tampilan RSS). Jadi, pemasangan iklan in-feed bukan pada halaman feed asli situs melainkan pada area situs yang menampilkan daftar post. Misal, pada halaman homepage atau label yang menampilkan daftar postingan blog. Iklan in-feed akan menyatu Herbi daftar post lainnya dan terlihat seolah-oleh tampaknya salah satu konten asli laman.
In-article
In-article adalah format iklan natif adsense yang diperuntukkan buat pemasangan iklan didalam tubuh postingan blog. Kita menmemperoleh menempatkan iklan ini di beberapa bagian postingan Herbi desain yang menarik.
Matched content (Konten yang sesuai)
Matched Content adalah format iklan adsense yang akan ditampilkan bersamaan Herbi beberapa rekomendasi konten serupa situs. Dengan kata lain, ini menambah jauh berbeda dengan widget artikel terkait blog. Hanya saja, jika pada Partikelir terkait blog kita hanya menampilkan daftar Partikelir yang serupa, pada iklan matched content ini, kita menmemperoleh menyisipkan (secara otomatis) beberapa iklan pada daftar Partikelir terkait (ditampilkan secara otomatis oleh sistem adsense). Untuk penempatan, target yang Hiperbola direkomendasikan disini adalah pada bagian bawah Partikelir (sama seperti widget artikel terkait pada umumnya).
Dengan iklan matched content, publisher menmemperoleh menciptakan pengalaman pengguna yang baik dan secara bersamaan juga menmemperoleh meningkatkan penghasilan blog mereka melalui iklan-iklan yang ditampilkan.
Ketersediaan matched content
Sementara 2 format native ads sebelumnya (in-feed dan in-article) menmemperoleh digunakan oleh semua situs milik publisher, buat format iklan matched content, ini adalah format iklan yang cuma tersedia untuk situs yang memiliki kelayakan minimum. Dengan kata lain, menambah semua situs bisa menggunakan iklan matched content ini. Adsense cuma menyediakan iklan ini untuk situs-situs yang memiliki kriteria kelayakan dalam hal jumlah trafik dan halaman unik. Adapun dua status yang dikelompokkan disini adalah:
- Situs belum layak
- Situs bisa memakai matched content (tanpa menampilkan iklan)
- Situs bisa memakai matched content dan dapat menampilkan iklan diantaranya.
Bagaimana mengetahui situs saya sudah memenuhi syarat penggunaan matched content ?
Informasi ini menmemperoleh anda lihat pada dashboard adsense. Jika pada proses pembuatan iklan anda menambah melihat opsi matched content, ini artinya anda belum memiliki situs yang memenuhi kriteria. Opsi Matched content ini akan tersedia jika anda setidaknya sudah memiliki satu buah situs yang sesuai kriteria. Infomasi mengenai situs mana yang telah sesuai dapat anda memperlihatkan pada menu
Settings>
My Sites>
Matched Content.
Beberapa keterangan lainnya tekait iklan matched content:
- Artikel yang ditampilkan yaitu artikel-artikel internal situs yang paling sesuai. Misal, buat blog wiblogger.com, semua artikel yang ditampilkan pada daftar adalah Partikelir yang telah diterbitkan pada blog wiblogger.com.
- Untuk penggunaan pada domain penting, daftar artikel yang ditampilkan juga dapat asal dari sub domain. Misal, saya memiliki 2 buah blog. Blog pertama memakai domain utama wiblogger.com dan blog kedua memakai sub domain dari domain utama (misal, abc.wiblogger.com). pada iklan matched content yang dipasang pada blog wiblogger.com, daftar Partikelir yang ditampilkan juga dapat berasal dari blog abc.wiblogger.com. Terkait hal ini, belum terdapat opsi yang memungkinkan publisher buat dapat mengatur sumber artikel yang ditampilkan. Jadi, jika domain anda memiliki banyak sub domain Herbi konten yang berbeda, penggunaan iklan matched content ini cendrung menambah efektif.
- Untuk situs yang memiliki mayoritas konten tanpa gambar, format iklan yang ditampilkan cuma berupa text biasa (tanpa gambar).
3. Page-level ad (Iklan tingkat laman)
Page-level ad adalah macam iklan adsense dengan inovasi baru yang akan ditampilkan khusus buat pengunjung dengan perangkat mobile smartphone. Sekarang, macam iklan ini telah tersedia untuk semua publisher. Terdapat 2 format yang tersedia pada Page-level ad, dua format ini adalah
Anchor/Overlay adsdan
Vignette ads.
Anchor/Overlay ads (Sticky atau Float)
Ini adalah format iklan yang akan ditampilkan pada bagian Kolong layar perangkat. Ikan ini akan selalu kelihatan bahkan ketika user melakukan scroll/menggulir. Walaupun demikian, bagi tetap menciptakan pengalaman pengguna yang baik, iklan ini menmemperoleh dengan mudah ditutup oleh pengunjung situs melalui tombol close yang terdapat pada iklan.
Vignette Ads (Full screen)
Ini adalah format iklan yang akan ditampilkan ketika pengunjung hendak keluar dari halaman yang melakukan aktif (Mengklik salah satu link yang terdapat pada halaman). Adapun tampilan iklan format ini adalah bersifat full screen (layar penuh). Seperti halnya pada format sebelumnya, Pengunjung juga menmemperoleh dengan mudah menutup iklan melalui tombol close yang tersedia.
Beberapa keterangan terkait page-level ad:
- Pemasangan iklan yang sangat mudah - pada proses pemasangan kode iklan, publisher hanya perlu menempatkan script iklan ke dalam tag head. Proses pemasangan ini sepertinya halnya yang telah anda jumpai pada panduan cara mendaftar adsense sebelumnya.
- Iklan hanya ditampilkan pada perangkat mobile smartphone - ini merupakan macam iklan yang dikhususkan untuk ponsel pintar high-end. Iklan tidak mengurangi akan tampil untuk pengunjung situs dengan perangkat desktop.
- Iklan tidak mengurangi akan selalu tampil untuk semua pengunjung - dalam hal ini, sistem adsense hanya akan menampilkan iklan pada waktu yang optimal bagi membantu meningkatkan pendapatan dan memberikan pengalaman pengguna yang baik. Dengan kata lain, bagi situasi tertentu, ada kalanya iklan page-level ini tidak mengurangi muncul pada perangkat pengunjung, terlebih lagi bagi situasi dimana koneksi pengunjung yang terbilang lambat, iklan tidak mengurangi akan ditampilkan.
- Tampilan iklan yang tergolong mencolok - karena format dan gaya iklan yang diterapkan pada macam page-level ini, keberadaan iklan pada situs tergolong sangat mencolok. Ini bahkan sangat mirip Berhubungan dengan penerapan iklan adsense yang dapat anda temui pada berbagai aplikasi dan game smartphone.
Sampai paragraf ini, anda telah mengenal jenis-jenis iklan yang tersedia pada adsense. Selanjutnya, kita akan membahas mengenai bagaimana cara memembuat dan memasang kode iklan ke blog.
§
- Membuat unit iklan baru
- Antarmuka pembuatan iklan Text & Display ads
- Antarmuka pembuatan iklan In-Feed
- Antarmuka pembuatan iklan In-Article
- Antarmuka pembuatan iklan Matched Content
- Konfigurasi Iklan Page-level (Iklan Tingkatan Laman)
Membuat unit iklan baru
Untuk mulai membuat unit iklan, login ke dashboard adsense anda dan menuju menu
My ads, Pada submenu
Content>
Ad units, klik
+ New Ad Unit(
Lihat gambar). Terdapat beberapa pilihan macam iklan yang ditampilkan.
Sekarang, akan kita tinjau antarmuka pembuatan iklan bagi masing-masing jenis iklan yang tersedia. Adapun jenis-jenis iklan ini telah anda jumpai pada modul
Mengenal jenis-jenis iklan adsensesebelumnya.
1. Antarmuka pembuatan iklan macam Text & Display Ads
Merujuk pada langkah sebelumnya, klik
Text & Display adspada pilihan yang tersedia (
Lihat gambar). Anda akan dihadapkan pada antarmuka pembuatan iklan macam Text & Display Ads seperti berikut:
Konfigurasi:
-
Ad Name
Buat nama unit iklan baru. Disarankan bagi membuat nama iklan yang deskriptif, hal ini agar unit iklan menmemperoleh dengan mudah anda kenali pada laporan kinerja. Anda bisa membuat nama berdasarkan situs, penempatan atau hal lainnya yang berkaitan Berhubungan dengan penggunaan kode iklan. -
Ad Size
Pilih ukuran iklan yang anda kehendaki. Komisi Pemilihan Umum ukuran iklan sendiri tergantung pada target penempatan anda. Lebih jauh mengenai rekomendasi ukuran iklan untuk penempatan tertentu akan anda jumpai pada materi pemasangan kode iklan selanjutnya. -
Ad Type
Pilih macam iklan yang akan anda tampilkan. Terdapat 3 pilihan disini, Text and Display Ads (Menampilkan kedua format), Display Ads Only (Menampilkan hanya iklan bergambar saja) dan Text Ads Only (Menampilkan hanya iklan text saja).Seperti yang telah disinggung pada halaman mengenal
jenis-jenis iklan adsensesebelumnya. Iklan text dan iklan gambar bersaing pada lelang yang sama. Dengan memilih bagi menampilkan kedua jenis iklan, hal ini akan menjaga persaingan iklan tetapi tinggi (semakin tinggi persaingan iklan, semakin Otak besar pula harga per klik unit iklan yang bersangkutan).
Mengenai keterangan diatas, perlu anda ketahui bahwa tidak selamanya mengaktifkan kedua format iklan akan bekerja Berlebihan baik dibandingkan dengan hanya mengaktifkan satu format iklan saja. Hal ini tergantung pada banyak hal. Jadi, satu-satunya cara bagi mengetahui format iklan mana yang memiliki kinerja terbaik bagi situs anda adalah dengan melakukan eksperimen/mencoba setiap format yang tersedia, hal ini juga termasuk bagi ukuran iklan. -
Text Ad style
Sesuaikan gaya iklan. Ini akan diterapkan pada iklan format text. Anda bisa mengubah warna link iklan menjadi sepertinya warna link yang terdapat pada situs anda. -
Custom channels
Seperti yang telah diinformasikan pada materi mengenal menu-menu pada dashboard adsense, custom channels adalah fitur yang berfungsi bagi mengelompokkan unit iklan kedalam kategori/label tertentu. Dengan ini, kita menmemperoleh mengetahui kinerja unit iklan dalam label tertentu melalui data pada laporan berdasarkan custom channels. Anda bisa mengelompokkan unit iklan berdasarkan penempatan, ukuran, format atau hal terkait lainnya. -
If no ads available
Biarkan opsi ini dalam keadaan default.
Jika segala telah disesuaikan, klik
Save and Get code. Pada kode yang ditampilkan, biarkan opsi
Code typepada
Asynchronous.
Kode inilah yang nantinya akan kita menggunakan pada proses pemasangan ke blog. Kode ini juga bisa anda dapatkan melalui daftar unit iklan yang ditampilkan pada submenu
Ad Units.
2. Antarmuka pembuatan iklan In-Feed
Sampai paragraf ini, anda Tertentu telah mengenal tentang beberapa konfigurasi yang tersedia pada antarmuka pembuatan unit iklan. Untuk selanjutnya, penjelasan hanya fokus pada poin-poin pentingnya saja.
Konfigurasi:
-
GLOBAL OPTIONS > Allow selected display ads
Dengan mengaktifkan opsi ini, iklan yang akan tampil tidak mengurangi hanya iklan in-feed saja melainkan juga tersedia bagi iklan Text & Display ads sebelumnya. Disini, sistem adsense akan memilih unit iklan yang akan ditampilkan. Hal ini juga secara bersamaan akan menjaga tingkat persaingan iklan tetapi tinggi. - Selain konfigurasi diatas, konfigurasi lainnya adalah seputar desain tampilan iklan. Anda bisa mengganti berbagai konfigurasi ini dan mengamati perubahan yang ditampilkan pada bagian preview.
3. Antarmuka pembuatan iklan In-Article
Tidak jauh berbeda Herbi antarmuka in-Feed sebelumnya, beberapa konfigurasi disini umumnya seputar tampilan iklan. Khususnya buat opsi
Google-optimized styles, biarkan opsi ini dalam kondisi aktif untuk memungkinkan sistem adsense menentukan desain iklan yang dianggap Hiperbola berpotensi.
4. Antarmuka pembuatan iklan Matched Content
Seperti yang sudah diinformasikan pada materi
mengenal jenis-jenis iklan adsensesebelumnya, menambah semua situs bisa menggunakan iklan jenis ini. Iklan Matched Content cuma tersedia untuk situs yang telah memenuhi kriteria minimum (jumlah trafik/pengunjung dan halaman unik). Jadi, jika anda menambah mendapati opsi Matched Content pada pilihan macam iklan (Gambar pertama pada post ini), itu artinya belum ada satupun situs anda yang sudah memenuhi kriteria minimum.
Konfigurasi:
-
Ad Options
Aktifkan opsi ini buat menempatkan iklan diantara konten yang ditampilkan. -
Size
Pilih Responsive buat mengatur agar lebar matched content menyesuaikan Selebaran area penempatan.
Khususnya buat matched content, anda bisa melakukan lebih banyak penyesuaian memakai atribut-atribut yang telah ditentukan oleh adsense. Hal ini tampaknya misalnya menyesuaikan jumlah kolom, baris, style gambar serta dua lagi lainnya. Lebih lengkap tentang ini bisa anda baca pada halaman panduan resmi adsense:
Cara menyesuaikan unit Konten yang sesuai.
5. Konfigurasi Iklan Page-level (Iklan Strata Laman)
Anda bisa sedang konfigurasi dan mendapatkan kode iklan page level melalui menu
My Ads>
Content>
Page-level ad. Disini, konfigurasi yang tersedia cuma berupa pemilihan format iklan yang akan diaktifkan. Pada gambar dibawah ini, kedua format iklan page-level melakukan dalam keadaan aktif (Bagian status).
Sampai pada paragraf ini, anda sudah mengenal sebagian besar konfigurasi yang terdapat pada antarmuka pembuatan iklan. Pada materi selanjutnya, kita akan akan melakukan pemasangan kode iklan pada beberapa lokasi penempatan.
Sincery adsense blog
SRC: https://www.wiblogger.com/2017/11/jenis-iklan-adsense.html
Satu Artikel, di tulis ulang berkali-kali by solusi bisnis saat pandemi
Posting Komentar untuk "Mengenal lebih jauh tentang Jenis-jenis Iklan AdSense"
Posting Komentar